“Yang berhasil adalah yang bekerja keras selagi yang lain masih tidur”
MATEMATIKA
Tugas 2
PGSD
(Pendidikan GURU SEKOLAH DASAR)
2012
Nama : Abdul
Ghofur
NIM :
823043197
1.
Tentukan negasi dari pernyataan-pernyataan
majemuk berikut!
a.
Burung nuri indah warnanya dan pandai berkicau.
Negasinya : Burung
Nuri tidak indah warnanya atau tidak pandai berkicau.
b.
Sisi-sisi segitiga sama sisi adalah sama panjang
atau sudut-sudutnya sama besar.
Negasinya :
Sisi-sisi segitiga sama sisi adalah tidak sama panjang atau sudut-sudutnya
tidak sama
besar.
c.
Jika 2 bilangan genap maka 22 = 4
Negasinya : Jika 2
bukan bilangan genap maka 22 ≠ 4
d.
Segitiga ABC sama sisi jika dan hanya jika
segitiga ABC sama kaki.
Negasinya : Segitiga
ABC sama sisi dan segitiga ABC sama kaki atau Segitiga ABC tidak sama sisi
segitiga ABC tidak sama kaki.
PGSD
(Pendidikan GURU SEKOLAH DASAR)
2.
Buatlah table kebenarannya dan simpulkan !
a.
(a<=>b)
Λ
( ̴a Λ b)
a
|
b
|
̴a
|
̴b
|
(a<=>b)
|
( ̴a
Λ b)
|
(a<=>b)
Λ
( ̴a Λ b)
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
Simpulan : urutan nilai kebenaran dari “(a<=>b) Λ (
̴a Λ b)” semuanya bernilai salah.
b.
[(a => b) Λ a] => b
a
|
b
|
a => b
|
(a => b) Λ a
|
[(a => b) Λ a] => b
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
Simpulan : Nilai kebenaran dari “[(a => b) Λ a] => b” adalah
selalu bernilai B. pernyataan tersebut termasuk tautologi: modus ponens.
c.
[( ̴p v
q) Λ ̴q] => ̴ p
p
|
q
|
̴p
|
̴q
|
̴p v
q
|
( ̴p
v q) Λ ̴q
|
[( ̴p v
q) Λ ̴q] => ̴ p
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
Simpulan : Nilai kebenaran dari “[(
̴p v q) Λ ̴q] => ̴ p” adalah selalu bernilai B. pernyataan
majemuk tersebut termasuk tautologi: modus
tollendo ponens.
PGSD
(Pendidikan GURU SEKOLAH DASAR)
d.
[( p
=> q) Λ p] Λ ̴ q
p
|
q
|
̴p
|
̴q
|
p => q
|
( p
=> q) Λ p
|
[( p
=> q) Λ p] Λ ̴ q
|
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
BARIS 1
|
B
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
S
|
BARIS 2
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
BARIS 3
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
BARIS 4
|
Simpulan : Nilai kebenaran pada “[(
p => q) Λ p] Λ ̴ q” yang
bernilai B adalah pada baris ke 3.
3.
Selidikilah
argumentasi dibawah ini sah atau tidak !
a.
Jika Budi bermain gitar maka Tuti bernyanyi.
Tuti tidak bernyanyi…………………………………….
.˙. Budi tidak bermain gitar
ð
Argumen di atas sah.
ð
(P => q) Λ
̴q => ̴ p (modus tollens)
b.
Jika x2 =4 maka x=2 atau x=-2
Jika x=2 atau
x=-2 maka 5x2 = 20
.˙. jika x2 = 4
maka 5x2 = 20
ð
Argumen di atas sah.
ð
(P => q) Λ(P => r) =>
p=>r (silogisme)
c.
Jika kami tidak pergi ke Puncak maka hari ini
bukan libur.
Hari ini
Libur…………………………………………………………………..
.˙. kami pergi ke Puncak
ð
Argumen di atas sah.
p
|
q
|
̴p
|
̴q
|
̴p
=> ̴q
|
̴(p => q) Λ q
|
̴(p => q) Λ q => p
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
S
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
S
|
B
|
d.
Jika lusa Aldi tidak sekolah maka Aldi diberikan
tugas.
Besok Aldi ke
Sekolah ……………………………………………………
.˙. Aldi tidak diberikan
tugas.
ð
Argumen di atas tidak sah.
Karena pada kolom
terakhir tidak semuanya bernilai B.
p
|
q
|
̴p
|
̴q
|
̴p
=> q
|
( ̴p
=> q) Λ P
|
( ̴p
=> q) Λ P => ̴q
|
B
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
B
|
B
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
S
|
B
|
B
|
S
|
B
|
B
|
PGSD
(Pendidikan GURU SEKOLAH DASAR)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
trims atas coment anda...